Batik Betawi

Rencana melakukan penelitian ke NTT membuat saya kepikiran untuk membawa oleh-oleh batik khas betawi ke para narasumber di Kabupaten Malaka NTT. Kepikiran oleh saya bahwa pusat budaya betawi adalah di "setu babakan betawi", saya memutuskan untuk datang ke setu babakan membeli batik. Pagi hari saya coba browsing mencari informasi tentang situ tersebut terlebih dahulu, Dari website saya dapatkan informasi perkampungan budaya Betawi Setu Bakakan adalah salah satu tempat yang di khususkan menjadi reka cipta dapurnya budaya betawi. Dalam web resminya http://www.setubabakanbetawi.com/ disebutkan bahwa di situ ini pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan kebudayaan betawi baik fisik maupun non fisik. 

Setelah hampir kurang satu jam saya sampai di lokasi Situ Babakan ini terletak di jalan RM. Kahfi Srengseng Sawah Jakarta selatan, sesampai di lokasi saya coba cari sentra batik, ternyata berputar-putar saya mencari tidak menemukan lokasi, Akhirnya saya tanya satpam dan diberikan informasi bahwa sentra/pembuatan batik sudah tutup dan sudah tidak beroperasi lagi. Semakin saya penasaran saya makin banyak bertanya apakah di lokasi tersebut tidak ada yang menjual batik betawi, sambil saya mencari informasi saya duduk memesan laksa dan dapat informasi lagi bahwa sentra batik memang sudah tidak ada tapi terkadang sabtu dan minggu suka ada pameran batik disekitar situ. 

Keliling-keliling sekitar situ saya hanya mendapati pedagang sotomi, laksa, bakso, toge goreng dan makanan lain, artinya saya tidak mendapatkan batik yang saya mau. Miris ? iya pastinya, karena situ yang harusnya terawat dan bisa dijadikan dapurnya budaya betawi belum dengan optimal di manfaatkan. Pekerjaan  besar bagi pemerintah DKI jakarta dalam mengelola wisata ini. Yuk mare....

SK Dosen Universitas Persada Indonesia YAI


Comments

Popular posts from this blog

Abdimas cianjur